Budidaya Tanaman

Kiat Sukses Cara Budidaya Tanaman Porang Bagi Pemula

Budidaya Tanaman Porang, porang adalah jenis tanaman berupa umbi-umbian yang sangat populer saat ini di indonesia dan banyak dibicarakan oleh orang. sehingga tidak sedikit orang-orang yang berlomba-lomba menanam untuk budidaya tanaman porang untuk mencapai hasil yang memuaskan.

Bagi kalian yang ingin membudidayakan tanaman porang, akan tetapi memiliki lahan yang minim atau terbatas, jadi tanaman.org akan membagikan sedikit tips bagi kalian yang masih pemula dan ingin menanam tumbuhan porang

Nah, Berikut ini Tips Sukses Cara Budidaya Tanaman Porang :

1. Sebelum Menanam Porang

Menanam Porang

Sebelum Anda mulai menanam porang ada baiknya jika Anda memperhatikan kondisi yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat menanam porang yang dimana meliputi :

  • Iklim dengan intensitas cahaya sebesar 60-70% dengan ketinggian 0-700 diatas permukaan laut
  • Tanah yang dibutuhkan untuk menanam porang yaitu tanah yang gembur dan tidak berlumpur
  • Pastikan tempat yang akan ditempati menanam di tempat yang teduh.

2. Budidaya Tanaman porang

Budidaya porang

Pastikan lokasi ketika menanam porang berada di tempat yang teduh dan terkena sekitar 60-70% dari cahaya matahari, setelah itu pastikan lahan yang akan digunakan telah dibersihkan terlebih dahulu, kemudian buat lubang tempat dimana bibit porang akan ditanam.

3. Mempersiapkan Bibit Porang

Bibit Porang

Tanaman Porang dapat dibudidayakan secara genetatif dan vegetatif, bibit yang digunakan adalah bibir yang memili kualitas yang baik, bibit dari tanaman ini hanya ditanaman sekali saja dalam kurun waktu 3 tahun bibit sudah dapat dipanen.

Berikut ini Langkah yang harus dilakukan pada saat menyiapkan bibit umbi :

  • Pilihlah bibit atau anakan porang yang berumur kurang lebih satu tahun yang subur dan sehat.
  • Bersihkan Anakan Porang dari akar serta tanah yang menempel pada umbinya.
  • Kumpul bibit yang telah dibersihkan kemudian simpan ditempat yang tidak terkenah cahaya matahari.

4. Menanam Porang

Penanaman Porang

porang baiknya ditanaman pada saat musim hujan, sebab akan membuat kualitas dari tanaman ini akan semakin bagus.

nah berikut ini tahapan ketika menanam porang :

  • Masukkan satu persatu bibit yang telah dibersihkan sebelumnya kedalam lubang yang sudah disiapkan dilahan dengan posisi tunasnya yang menghadap keatas.
  • Setiap dari lubang dapat diisi satu bibit.
  • Kemudian timbun bibit yang telah di tanam dengan tanah.

5. Pemeliharaan Porang

Memelihara Porang

Tanaman Porang sangat membutuhkan pemeliharaan yang bertujuan untuk mendapatkan kualitas porang yang optimal.

perawatan porang dapat Anda lakukan dengan cara berikut :

  • Bersihkan rumput liar yang tumbuh disekitar tempat Anda menanam bibit, sebab jika ada tumbuhan lain disekitar bibit, maka tumbuhan tersebut mengambil pasokan air yang diterima oleh bibit porang.
  • Pada saat pertama porang ditanam sebaiknya Anda melakukan pemupukan dasar, dan selanjutnya dapat anda lakukan pemupukan setahun sekali, jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk urea 10 gram per lubang tanam serta 36,5 gram SP, pemberian pupuk dilakukan dengan cara ditanam disekeliling porang.

6. Waktu Panen Porang

Panen Porang

Porang sudah dapat dipanen pada saat umur tanaman porang telah mencapai 3 tahun, pada tahun selanjutnya porang dapat dipanen kembali tanpa harus menanam bibit kembali. Tanaman ini tumbuh setiap 5-6 bulan setiap tahun, rata-rata waktu untuk panen tanaman porang dilakukan pada bulan April sampai dengan bulan Juli dengan rata-rata produksi porang yaitu 10tn per hektar. Setelah porang dipanen, kemudian bersihkan umbinya dari tanah yang menempel lalu kemudian di jemur.

Nah, Seperti itulaj tata cara penanaman porang yang dimulai dari proses awal hingga proses akhir sampai panen, semoga kalian yang ingin membudidayakan tanaman porang dapat membantu.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close