Budidaya Tanaman

Cara Budidaya Palem Putri

cara budidaya palem putri ialah tanaman yang telah banyak dikenal oleh orang dan juga banyak terdapat di Indonesia. Sebab tanaman ini dapat banyak kita temukan di tepi-tepi jalan, tanaman palem putri juga seringkali dijadikan sebagai tanaman hias yang berfungsi untuk menghias pekarangan rumah tak heran segelintir orang melakukan budidaya palem putri untuk dijadikan tanaman hias. karakteristik dari tanaman ini adalah daun nya yang lebar serta warna dari daun nya yang tampak lebih hijau.

Tanaman ini dapat tumbuh segala jenis iklim karena karakteristik dari tanaman ini yang kuat maka orang-orang sering menanam tanaman Palem Putri di pekarangan rumah nya. Agar bisa melakukan budidaya palem putri tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar proses penumbuhan palem putri bisa maksimal.

Nah, Berikut ini Cara Budidaya Palem Putri

1. Menyiapkan Bibit Palem Putri

Bibit Palem Putri

Ketika ingin melakukan proses pembibitan pada tanaman palem putri, proses pembibitan dapat dilakukan melalui biji dengan cara mengambil biji dari tanaman palem putri yang telah berusia cukup tua. Langkah selanjutnya yaitu merendam biji di air, sebelum merendam biji palem putri, ada baiknya mengupas biji terlebih dahulu.

Setelah biji selesai dikupas dan direndam, jemur biji palem putri dibawah sinar matahari sampai kering. Setelah biji mengering, bungkus biji menggunakan plastik kemudian tutup hingga rapat, tujuannya agar tidak ada udara yang masuk kemudian disimpan selama kurang lebih satu tahun.

Setelah satu tahun maka dilanjutkan ke proses berikutnya yaitu merendam kembali biji kedalam air yang telah dicampurkan dengan dithane M45 kurang lebih 2liter, kemudian diamkan biji sampai menjadi lunak, proses dari perendaman biji berkisar antar 6 sampai dengan 12 jam.

Sesudah proses perendaman maka biji telah siap untuk dimasukkan kedalam polybag. Masukkan biji yang telah direndam kedalam polybag kemudian simpan polybag ditempat yang teduh lalu biarkan selama 2-4 minggu. Ketika akar dari palem putri sudah tumbuh, langkah berikutnya yaitu menyimpan palem putri tadi ke media tanam yang telah diisi oleh gambut. Semprotlah dengan air secukupnya dan apabila daun telah mulai tumbuh sebaiknya pindahkan lagi ke media tanaman yang lebih besar.

Baca Juga : Kiat Sukses Cara Budidaya Tanaman Porang Bagi Pemula

2. Cara Merawat Palem Putri

Cara merawat palem puri

Palem puri yang mulai tumbuh, dapat diberikan air secukup nya, serta tidak perlu terus menerus disiram. Proses pemupukan harus dilakukan secara berkala dan penggunaanya harus disesuaikan dengan ukuran palem putri nya. Jika tanaman telah tumbuh besar, maka sebaiknya pindahkan tanaman tersebut dari pot ke tanah.

3. Cara Menanam Palem Putri

cara menanam palem putri

 

Ketika ingin melakukan pemindahan tanaman, maka siapkan media tanam serta pupuk, lalu masukkan ke dalam wadah yang ingin ditanami. Proses ketika ingin mengeluarkan palem puri dari media tanam lama haruslah menggunakan peralatan. Tujuannya supaya proses pemindahan bisa berjalan dengan rapih dan tidak ada bagian tanaman yang terbuang.

Setelah itu masukkan bibit palem puri kedalam media tanam baru serta tempatkan tanaman di tempat yang teduh atau kurang sinar matahari. Untuk mempercepat proses pertumbuhan, berilah pupuk setiap satu bulan sekali secukupnya kemudian tanaman harus disiram setiap hari.

Agar dapat membuat bibit berkecambah secara cepat, maka rendamkan bibit kedalam lumpur selama kurang lebih 4 hari. Apabila biji telah lunak maka dapat dimasukkan kedalam media tanaman lalu simpalahkan di tempat yang teduh.

Nah, sekian beberapa tips cara budidaya palem putri, yang dapat dicoba dirumah. Semoga artikel ini dapat membantu para pecinta tanaman yang ingin menanam palem puri.

 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close