Tanaman Hias

40 Jenis Tanaman Hias yang Mudah Ditanam dan Cepat Tumbuh

Terdapat beberapa jenis tanaman hias yang bisa kita jadikan sebagai penghias. Jenis tanaman hias termasuk banyak diminati oleh banyak orang.

Adapula beberapa sebab kenapa tamanan hias diminati oleh banyak orang dan sering dijadikan pajangan, baik itu dirumah ataupun dikantor. Meski cara merawatnya cukup mudah terbukti bahwa hobi merawat tanaman hias banyak digemari oleh orang.

Manfaat lain yang dimiliki oleh tanaman hias dapat menjadikan ruangan ataupun tempat disekitarnya menjadi segar, serta membuat orang menjadi rileks dan menhilangkan stres.

Tidak hanya dapat membantu menghilangkan stres, tanaman hias juga dapat meningkatkan mood bagi orang disekitarnya. Terdapat banyak sekali jenis-jenis tanaman hias yang dapat Anda jadikan pilihan,

Nah, Berikut ini 40 jenis tanaman hias :

1. Tanaman Palem Kuning

40 Jenis Tanaman Hias yang Mudah Ditanam dan Cepat Tumbuh

Palem kuning ( Dypsis lutescens) merupakan tanaman hias yang terkenal dan biasa ditemukan di pekarangan. Tanaman ini termasuk anggota suku pinang-pinangan( Arecaceae) ini berasal dari Madagaskar akan tetapi di tempat asalnya tanaman ini saat ini tengah terancam punah.

tanaman ini bisa tumbuh hingga sampai 6 meter, seperti tanaman palem yang lainnya tanaman ini memiliki ciri khusus yakni, daun yang tersusun, menyirip, warna daun hijau terang atau cenderung kekuningan.

2. Tanaman Sri Rejeki

Tanaman Sri Rejeki

Tanaman sri rejeki ialah jenis tanaman hias yang dipercaya banyak orang membawa keberuntungan. Tanaman ini diketahui juga dengan nama (Aglaonema) dipercaya oleh masyarakat filipina dan china sebagai tanaman pembawa keberuntungan.

Tanaman Sri Rejeki atau chinese evergreen populer juga di kanca dunia, selain mudah dirawat tanaman ini juga mempunyai bentuk yang menarik. selain memiliki banyak warna tanaman ini juga bisa berfungsi sebagai pembersih udara.

3. Tanaman Bunga Keladi

Tanaman Bunga Keladi

Bunga Keladi adalah tanaman unik yang memiliki ciri khas pada daunnya, tanaman ini cocok untuk digunakan sebagai dekorasi rumah, dekorasi taman dan dekorasi kantor karena tampilannya yang menarik. daun bunga keladi ini berwarna jernih serta memiliki corak unik yang semakin membuat pecinta tanaman tertarik pada tanaman yang satu ini.

4. Tanaman Puring

Tanaman Puring

Tanaman Puring dikenal dengan warna yang terdapat pada daunnya dan menarik perhatian orang yang melihatnya, tidak cuma 1 warna, tanaman puring ini mempunyai aneka warna yang menarik.

Karakteristik khas dari tumbuhan ini sendiri merupakan corak dasar daunnya yang dihiasi dengan warna yang berbeda. Banyak sekali ragam corak yang dapat ditemui dari tumbuhan ini, misalnya hijau, kuning, merah, ungu, dan gabungan dari motif tersebut.

5. Bunga Anthurium

Bunga Anthurium

Tumbuhan ini terhitung dalam tipe tumbuhan evergreen alias tidak memahami masa dormansi. Secara umum tumbuhan ini hidup secara epifit dengan melekat di batang tumbuhan. Serta bisa pula tumbuh secara liar dihutan.

Kesan utama dari anthurium yakni daunnya yang indah, unik, serta bermacam-macam. Daunya biasanya bercorak hijau tua dengan urat serta tulang daun besar yang menonjol.

Pada umumnya anthurium dibedakan jadi 2 Jenis yakni tipe anthurium daun serta tipe anthurium bunga. Anthurium daun mempunyai Keistimewaan dari bentuk- bentuk daunya yang menarik.

6. Tanaman Aglaonema

Tanaman Aglaonema

Aglonema merupakan tipe tumbuhan hias daun yang lumayan terkenal. Tumbuhan ini terdiri dari 30 spesies yang tersebar luas di Indonesia. Bunga aglonema ini sanggup mentolerir sebagian sinar serta dapat berkembang secara baik di tempat yang cerah.

Tidak hanya itu, tipe aglonema merupakan tumbuhan yang bakal baik- baik saja bila diletakkan di ruangan kantor dengan sinar lampu.

Apalagi penampilan dari tanaman ini yang bisa menarik perhatian orang yang melihatnya dan enak dilihat oleh mata.

7. Tanaman Suplir

Tanaman Suplir

Tumbuhan suplir sendiri terhitung sebagai kelompok tanaman paku yang diketahui dengan nama ilmiah Adiantum. Pada tangkai hitamnya yang tipis, daun- daun kecil yang saling bertumpuk. Berbeda dari tipe tanaman paku yang lain yang khas dengan wujud daun yang memanjang ataupun runcing, tumbuhan suplir mempunyai wujud daun yang membulat serta bergelombang semacam kipas.

Daun tumbuhan suplir yang lebat dapat memanjakan mata. Tidak heran, tumbuhan suplir sering diletakkan di teras rumah selaku tumbuhan hias. Ada bermacam tipe tumbuhan suplir yang digunakan mendekorasi tampilan rumah, di antara lain merupakan tipe Adiantum cudatum, Adiantum raddianum, Adiantum tenerum, Adiantum hispidum, serta Adiantum diaphanum.

8. Tanaman Bambu Hias

Tanaman Bambu Hias

Bambu hias diketahui dengan istilah bambu keberuntungan atau bambusoideae dalam bahasa Latin. Bambu ini mempunyai seperti bambu yang berukuran kecil, akan tetapi bambu hias terhitung dalam tipe Dracanea sanderiana yang masuk dalam keluarga lili. Berkembang di wilayah tropis, tumbuhan mini ini melambangkan kerimbunan bambu buat membagikan kedamaian, cinta, kesehatan serta keberuntungan.

Di Asia, tumbuhan bambu hias ini banyak ditemukan. Bambu yang memiliki nama lain bambu rejeki ini berkembang sangat pesat serta dapat berusia panjang sebab tidak berbunga maupun berbuah. Bambu ini Mempunyai tampilan yang simpel, kalian dapat menggunakan bambu ini sebagai hiasan dekorasi dalam rumah.

9. Tanaman Palem Kipas

Tanaman Palem Kipas

Palem kipas, dalam bahasa latin yaitu Livistona chinesis mempunyai karakteristik yang unik yang membedakannya dari tipe tumbuhan palem yang lain, adalah daunnya yang membentuk separuh bundaran  seperti hal nya kipas. Diameter daunnya dapat menggapai 30- 50 centimeter serta tingginya bisa menggapai 10 m pada habitat aslinya.

Palem kipas juga digunakan oleh orang sebagai dekorasi interior di dalam rumah yang dapat memanjakan mata serta tumbuhan ini juga biasanya di taruh di pekarangan rumah untuk menambahkan kesan green pada rumah kalian.

10. Tanaman Walisongo

Tanaman Walisongo

Tumbuhan walisongo mempunyai nama ilmiah Schefflera arboricola yaitu tipe tumbuhan semak perdu yang berdaun hijau. Di Indonesia tumbuhan walisongo tipe ini kerap digunakan sebagai dekorasi halaman serta kerap ditempatkan pada temperatur yang panas, sebab tanaman ini sanggup menyesuaikan diri di lingkungan apapun, apalagi tumbuhan ini diklaim bagaikan tipe tumbuhan terkuat.

11. Tanaman Krokot Mawar

Tanaman Krokot Mawar

Krokot mawar atau rose moss dengan nama ilmiah Portulaca grandiflora merupakan jenis tanaman hias yang berasal dari amerika selatan. Tanaman ini mempunyai ciri khas dengan daun tunggal dengan bentuk silindris dengan diameter 1-3,5 m, sedangkan bunganya yang unik yakni dapat mekar pada pagi hari dan layu pada sore hari.

Tanaman krokot mawar ini mempunyai warna yang beraneka ragam yaitu murah, putih dan orange, krokot mawar termasuk jenis tanaman hias yang mudah untuk dirawat, sebab tanaman ini tidak terlalu memerlukan banyak air, maka dari itu tanaman ini sangat cocok dipelihari di tempat yang beriklim tropis.

12. Tanaman Palem Bambu

Tanaman Palem Bambu

Palem bambu mempunyai nama ilmiah chamaedorea seifrizii, tanaman ini sangat cocok ditempatkan didalam ruangan yang dapat menyejukkan ruangan, fungsi lain dari tanaman hias ini yaitu bisa dijadikan dekorasi interior yang bermanfaat untuk kesehatan dan menjernihkan udara.

Dengan Menempatkan Palem Bambu di dalam ruangan atau diluar ruangan, kalian dapat terbebas dari polusi udara sebab tanaman ini mempunyai kelebihan yaitu dapat menyerap polusi udara yang terdapat disekitar rumah kalian.

13. Tanaman Puring Bali

Tanaman Puring Bali

Selaku jenis tanaman hias, Tumbuhan puring Bali mempunyai corak daun yang pekat serta penuh warna. Tidak hanya menawan, daunnya yang rimbun sehingga dapat memperkenalkan kesan sejuk. Perawatan tanaman puring juga terbilang cukup mudah. Tidak heran, jika banyak orang yang menggunakan tanaman ini sebagai tanaman hias.

14. Tanaman Cemara Lilin

Tanaman Cemara Lilin

Cemara Lilin adalah tanaman yang banyak terdapat di daerah tiongkok, ciri khas dari tanaman ini yaitu memiliki ujung daun yang lancip dan berbentuk seperti lilin. Dari sekian banyak jenis cemara, cemara lilin adalah tanaman yang memiliki banyak peminat, dan sebagian orang memanfaatkan cemara lilin sebagai penghias/dekorasi untuk pohon natal.

15. Tanaman Lee Kwan Yew

Tanaman Lee Kwan Yew

Tanaman Lee Kwan Yew adalah tanaman yang berasal dari Burma, tanaman ini juga sudah dikembangkan di berbagai penjuru negara. hal ini membuat tamanan Lee Kwan Yew menjadi populer di kalangan para pecinta tanaman hias di dunia.

Tidak cuma itu, tumbuhan Lee Kwan Yew mempunyai ciri khas yang istimewa yang membuat tanaman ini banyak digemari dan dicari oleh banyak orang.

16. Tanaman Keladi Tengkorak

Tanaman Keladi Tengkorak

Di Indonesia, tengkorak selalu dihubungkan dengan hal mistis dan seram. Namun, beda halnya dengan bunga keladi tengkorak. Tanaman hias yang satu ini mempunyai nama ilmiah Alocasia curpea ini sangat cantik dan tidak seram sama sekali.

Bagi Anda pecinta tanaman hias dan tidak ingin diribetkan oleh jadwal perawatan yang harus rutin, Tanaman keladi tengkorak ini sangat cocok diletakkan di dalam rumah sebagai tambahan dekorasi interior dan penyejuk ruangan.

17. Tanaman Lidah Mertua

Tanaman Lidah Mertua

Lidah mertua atau dikenal juga dengan nama Sansevieria adalah tanaman hias yang cukup terkenal di Indonesia dan cocok diletakkan di bagian dalam rumah, sebab tanaman ini dapat tumbuh dikondisi yang kurang air dan sedikit cahaya matahari, ciri khas dari tenaman ini yaitu daunnya yang keras dengan ujung daun yang runcing.

Tanaman Lidah Mertua memiliki fungsi selain sebagai dekorasi ruangan, tanaman ini juga bermanfaat untuk menyuburkan rambut, mengobati diabetes serta penyakit wasir. Manfaat lainnya dari tanaman Lidah Mertua yakni dapat digunakan sebagai bahan serat pakaian.

18. Bunga Bromelia

Bunga Bromelia

Bunga Bromelia memiliki daun dengan banyak warna dan corak yang menarik, sehingga banyak kalangan orang menyukai bunga bromelia sebagai tanaman hias. Sebagian jenis Bromelia menimbulkan bunga dengan bentuk serta bunga yang atraktif, disertai dengan daunnya yang cantik, dan bunga yang indah. khusus buat jenis Ananas, buahnya dapat dimakan.

19. Tanaman Palem Sadeng

Tanaman Palem Sadeng

Tanaman Palem sadeng yang mempunyai nama ilmiah Saribus rotundiofolus memiliki ciri fisik yang hampir mirip dengan pohon kurma. Karakteristik batang nya yang keras dan berwarna kuning serta daun bundar yang melebar. Tinggi pohon palem sadeng dapat mencapai 12 meter dan diameter dari batangnya mencapai 25cm.

Palem Sadeng kelihatan elegan dan menawan, maka tidaklah heran jika tanaman ini banyak terdapat di daerah perkantoran serta apartement, selain sebagai tanaman hiasan tanaman ini juga dapat berfungsi sebagai tempat teduh karena daunnya yang lebar.

20. Tanaman Philodendron

Tanaman Philodendron

Philodendron termasuk dalam kategori tumbuhan yang mempunyai daun yang menawan sehingga sesuai untuk diletakkan di dalam ruangan seperti di atas meja ataupun di jendela.

Salah satu tipe dari philodendron yang banyak diminati orang yaitu memiliki daun yang berwarna kuning serta hijau. Tempat yang sesuai buat philodendron yaitu tempat yang cenderung lembab dan sejuk. Bila tidak, tanaman philodendron ini akan mudah layu.

21. Keladi Red Star

Keladi Red Star

Salah satu varietas dari tanaman genus Caladium yaitu bunga keladi red star. daun yang dipunyai oleh tanaman ini berupa bintang dengan corak yang berwarna merah  terang. Buat memperoleh corak warna merah yang sehat, baiknya tumbuhan ini diletakkan di tempat dengan adanya sinar cahaya matahari. Tidak hanya itu, tangkai pada daunnya pula bercorak merah belang yang menaikkan kecantikan tumbuhan hias daun yang satu ini.

22. Tanaman Lemon Lime Draceana

Tanaman Lemon Lime Draceana

Sepintas tanaman hias daun yang satu ini terlihat seperti tanaman pandan. bentuk dari daunnya yang seperti pedang diiringi campuran corak berwarna hijau, kuning cerah, serta putih menjadikannya nampak sangat anggun. Lemon Lime Draceanan mempunyai daun yang lebat seperti semak serta menjuntai tegak lurus dengan batangnya.

Apabila tumbuhan ini diletakkan di luar ruangan,  corak yang dihasilkan tanaman ini  cenderung berwarna pucat, apalagi cuaca yang panas, warna tanaman ini seperti hangus. Oleh karena itu, baiknya tanaman ini ditempatkan di tempat yang taduh dan kurang cahaya matahari.

23. Philodendron Monstera

Philodendron Monstera

Philodendron Monstera termasuk jenis tumbuhan yang mempunyai daun yang menawan sehingga sangat cocok untuk diletakkan di dalam ruangan.

Salah satu tipe philodendron yang banyak diminati oleh orang yaitu yang berdaun berwarna kuning atau hijau. Tempat yang sesuai buat menaruh philodendron ini yaitu tempat yang teduh dan kurang terkena cahaya matahari, hal ini dapat menyebabkan tanaman Philodendron ini tidak gampang layu.

24. Tanaman Sirih Gading

Tanaman Sirih Gading

Tanaman Sirih Gading merupakan jenis tanaman hias dengan daun yang merambat, sehingga sangat cocok untuk dekorasi di dinding ataupun ditaruh dijendela, tanaman ini juga dapat disimpan didalam ruangan dengan syarat melakukan perawatan yang rutin terdapat tanaman ini.

25. Pakis Sarang Burung

Pakis Sarang Burung

Tanaman Kadaka memili daun yang panjang dengan ukuran 20-35cm. Tumbuhan hias daun yang satu ini sangat mudah untuk menyesuaikan diri dan mempunyai bulu halus bergerigi pada daun-daunnya. Tidak hanya itu, tumbuhan ini pula bisa menghasilkan tunas baru yang sangat halus. bentuk dari daunnya daunnya juga sangat unik, karena bentuknya seperti mangkuk ataupun sarang burung.

26. Tanaman Tanduk Rusa

Tanaman Tanduk Rusa

Walaupun Jenis tanaman Tanduk Rusa ini terhitung tumbuhan epifit alias menumpang pada tumbuhan lain, tanduk rusa mempunyai kesan yang tertentu. Sesuai dengan namanya, daun yang dipunyai tanaman ini mirip seperti tanduk rusa yang sangat menarik orang yang melihatnya. Tumbuhan hias daun ini sangat sesuai ditanam dekat tembok.

27. Tanaman Pucuk Merah

Tanaman Pucuk Merah

Tumbuhan yang satu ini sangatlah terkenal, sehingga sering dijumpai dihalaman rumah, taman, maupun taman kantor. Corak daun dari pucuk merah ini, menjadikannya tumbuhan hias ini sangat diminati oleh banyak orang. saat tanaman ini masih muda, corak daunnya berwarna merah, setelah itu berubah menjadi kuning, kemudian berganti menjadi warna hijau.

28. Tanaman Gelombang Cinta

Tanaman Gelombang Cinta

Tanaman Gelombang cinta sangat diminati oleh orang yang menyukai tanaman hias berjenis daun, ini disebabkan karena tanaman ini mempunyai daya tarik tersendiri. Seperti dengan namanya yang unik, daun pada tanaman ini berbentuk lebar dan bergelombang. Tanaman ini sangat cocok ditempatkan dirumah ataupun dikantor untuk menambah dekorasi.

29. Tanaman Anggrek Bulan

Tanaman Anggrek Bulan

Tanaman Angrek Bulan ini berfungsi sebagai dekorasi yang dapat disimpan didalam kamar serta memiliki fungsi untuk membersihkan udara, tanaman hias ini populer dikalangan para pecinta tanaman hias karena bentuk nya yang cantik serta memanjakan mata bagi yang melihatnya.

30. Tanaman Pakis Boston

Tanaman Pakis Boston

Tanaman Pakis Boston Mempunyai ciri khusus, sehingga begitu melihatnya kalian akan sangat mudah mengenali tanaman ini. Masing- masing dari helai daunnya mempunyai helaian mirip seperti jumbai-jumbai. Tumbuhan hias daun yang masih satu keluarga dengan tumbuhan suplir ini dapat ditempatkan di lantai ataupun pot gantung.

31. Tanaman Kembang Sepatu

Tanaman Kembang Sepatu

Tanaman Kembang Sepatu ini sangat cocok untuk ditempatkan di dalam rumah dan dapat juga ditempatkan dalam kamar, tanaman yang satu ini mengeluarkan senyawa phytoncide, dan antimikroba yang dapat membuat udara disekitar tanaman ini menjadi sejuk dan sehat.

32. Tanaman Begonia

Tanaman Begonia

Begonia adalah jenis tanaman hias yang banyak digemari oleh para pecinta tanaman diluar negeri. Akan tetapi, tanaman hias yang satu ini memiliki ciri khusus yang khas dengan warnanya yang kontral serta pola dari daunnya yang simetris menjadikan tanaman tersebut juga digemari di Indonesia, tanaman hias ini juga berfungsi untuk menambahkan dekorasi dengan kesan berwarna hijau yang cocok diletakkan dipekarangan rumah.

33. Tanaman Daun Dollar

Tanaman Daun Dollar

Tanaman Daun Dollar adalah tanaman hias yang terbilang cukup unik selain namanya yang unik, tanaman ini memiliki ciri dengan daun yang tebal dan kinclong, sehingga tanaman Daun Dollar ini terlihat seperti tanaman pelastik.

Tanaman hias ini sangatlah cocok untuk dekorasi di dalam rumah, dan tidak sedikit orang yang percaya bahwa tanaman ini dapat membawa keberuntungan bagi orang yang mempunyai tanaman ini.

34. Tanaman Daun Monstera

Tanaman Daun Monstera

Tanaman hias Daun Monstera Merupakan jenis tanaman hias yang populer dan banyak digemari oleh para pecinta tanaman hias. Bentuk daun dari tanaman ini sangatlah unik karena daunnya yang berlubang-lubang menjadikan tanaman ini sebagai tanaman yang unik, dan cocok untuk dekorasi pekarangan rumah.

35. Tanaman Hoya

Tanaman Hoya

Tanaman Hias Hoya adalah tanaman hias yang berasal dari Asia Timur, bentuk dari tanaman ini sangatlah untuk sehingga menjadikan tanaman ini banyak dicari oleh orang.

Jika dilihat tanaman ini memiliki daun yang mengkilap sehingga akan menarik perhatian orang yang melihat tanaman hias ini.

36. Bunga Kamboja

Bunga Kamboja

unga Kamboja merupakan tanaman hias yang berasal dari Amerika, akan tetapi tanaman ini banyak dijumpai di indonesia, selain mampunyai bunga yang indah, tanaman kamboja ini juga mempunyai akar yang besar sehingga membuat tanaman Kamboja ini terlihat seperti bonsai.

37. Tanaman Kaktus Hias

Tanaman Kaktus Hias

Tanaman kaktus ini dikenal oleh banyak orang sebagai tanaman khas gurun, tanaman ini sangat menarik dan dapat dijadikan hiasan di atas meja maupun di pekarangan rumah. terlebih lagi tipe tanaman kaktus mempunyai banyak variasi. Tanaman kaktus juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan yaitu sebagai obat jerawat, batang dari tanaman kaktus dapat pula dijadikan obat sebagabai penumbuh rambut.

38. Tanaman Lidah Buaya

Tanaman Lidah Buaya

Tanaman Lidah Buaya termasuk dalam jenis tanaman sukulen yang dapat dijadikan dekorasi tanaman di dalam rumah maupun diluar rumah, tanaman ini banyak ditanam oleh banyak orang, selain sebagai tanaman hias, tanaman Lidah Buaya juga mempunyai khasiat bagi kesehatan seperti mengobati luka, serta mempercepat menumbuhan rambut.

39. Tanaman Lavender

Tanaman Lavender

Tanaman Lavender juga dikenal sebagai tanaman terapi dan sering digunakan sebagai aroma terapi, sebab memiliki manfaat menenangkan pikiran serta tanaman ini memiliki aroma yang sangat wangi sehingga menjadikan tanaman Lavender sangatlah cocok bagi orang yang menginginkan ketenangan dan relaksasi.

40. Tanaman Daun Asparagus

Tanaman Daun Asparagus

Tanaman Daun Asparagus termasuk jenis tanaman lily, tanaman ini memiliki fungsi yang sangat bermanfaat apabila ditempatkan di dalam rumah, sebab tanaman ini mampu membersihkan udara dan membuat udara didalam rumah menjadi sejuk dan segar.

Seperti itulah 40 jenis tanaman hias yang dapat kita dijadikan sebagai pilihan untuk menghias ruangan di kantor, didalam rumah ataupun sebagai tanaman dipekarangan rumah.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close