Tanaman Obat

32 Jenis Tanaman Herbal Serta Manfaatnya

Jenis Tanaman Herbal, Tanaman Herbal ialah tumbuhan yang dapat dibudidayakan di pekarangan rumah serta memiliki jenis khasiat herbal tradisional. Hasil sebagian riset meyakinkan kalau obat tradisional yang di ramu dari tumbuhan Herbal akan lebih gampang di cerna oleh badan.

Nah Berikut ini 32 Jenis Tanaman Herbal Serta Manfaatnya :

1. Kunyit

Tanaman Kunyit

Kunyit ialah salah satu jenis tanaman herbal, tumbuhan rempah serta obat asli daerah Asia, terkhususnya Kawasan Asia Tenggara. Tumbuhan kunyit setelah itu menyebar ke wilayah Malaysia, Indonesia, Australia serta Afrika. setiap orang Indonesia tentu sudah tidak asing dengan kunyit, baik itu bagaikan bumbu masakan, jamu ataupun buat keperluan kesehatan serta kecantikan.

Tumbuhan kunyit memiliki senyawa kurkuminoid yang mempunyai manfaat bagi tubuh. Kunyit efektif buat menyembuhkan penyakit diabet mellitus, morbili, tifus, amandel, serta perut mulas.

2. Pala

Tanaman Pala

Tumbuhan pala tingginya dapat sampai dengan 10 meter. Tumbuhan ini mempunyai batang yang tegak. Daunnya berbentuk lonjong dengan ujung daun yang lancip dan berwarna hijau. Tumbuhan pala mempunyai  beberapa manfaat yaitu menyembuhkan disentri, rematik, maag, perut kembung, mual, serta Insomnia.

3. Tumbuhan Daun Sambiloto

Tumbuhan Daun Sambiloto

Tumbuhan ini berkembang liar di tempat terbuka di dataran rendah hingga dengan ketinggian 700 m di atas permukaan laut. Ukuran batang dari tumbuhan ini yaitu 50-90cm. Permukaan daunnya bercorak hijau muda dan daunya memiliki panjang 2-8cm serta lebar 1-3 centimeter. Sambiloto dapat diperbanyak dengan biji ataupun setek batang. Sambiloto sangat efektif buat menanggulangi hepatitis, disentri basiler, peradangan saluran empedu, serta radang saluran nafas.

4. Tumbuhan Srikaya

Tumbuhan Srikaya

Srikaya berasal dari kawasan Amerika tropis serta dapat berkembang di wilayah dataran rendah hingga dengan ketinggian 1000m di atas permukaan laut. Srikaya mulai berbuah sehabis ditanam sepanjang 1-2 tahun. Umumnya tumbuhan ini  berbunga pada bulan Januari – Desember. Banyaknya buah yang dihasilkan bergantung pada air yang diterima tumbuhan ini, pemberian pupuk serta pemangkasan. Tumbuhan srikaya secara universal memiliki anonain serta retikulin. Daun, pangkal, serta kulitnya memiliki WN. Pangkal srikaya efektif bagaikan antidepresi serta antiradang.

5. Tumbuhan Tempuyung

Tumbuhan Tempuyung

Tumbuhan tempuyung berasal dari daratan Eurasia, tepatnya pada wilayah yang kerap hujan dengan ketinggian 50-1.650 m di atas permukaan laut. Terdapat 2 tipe tempuyung, tempuyung yang berdaun kecil dikenal dengan lempung, sebaliknya yang berdaun besar serta tingginya dapat menggapai 2m. Tempuyung efektif buat menanggulangi batu empedu, bisul, radang usus buntu, serta reumatik.

6. Tumbuhan Turi

Tumbuhan Turi

Tumbuhan turi banyak kita temukan di pekarangan rumah bagaikan tumbuhan hias. Tumbuhan ini dapat berkembang di wilayah dengan ketinggian di dasar 1200 m di atas permukaan laut. Daun dan bunga dari tanaman ini dapar dikonsumsi sebagai sayur. Bunganya yang bercorak putih dapat pula di kukus dan dimakan. Daun serta rantingnya yang masih muda memiliki banyak protein serta dapat digunakan sebagai makanan bagi hewan ternak.

Tumbuhan turi yang mempunyai bunga berwarna merah dapat pula dimanfaatkan untuk tanaman obat. Bagian dari tumbuhan turi yang dapat dimanfaatkan ialah pangkal, bunga, daun serta kulit batang. Bunganya efektif untuk melembutkan kulit. Daunnya dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit serta menurunkan demam.

7. Tumbuhan Waru Lengis

Tumbuhan Waru Lengis

Waru ialah jenis tumbuhan yang tumbuh di iklim tropis dan banyak di temukan di hutan. Terkadang tumbuhan ini banyak ditanam orang di pekarangan rumah. Daun tumbuhan waru yang masih muda dapat dikonsumsi sebagai sayur, kulit kayunya yang berserat dapat digunakan buat membuat tali. Daun waru efektif buat menyembuhkan batuk berdahak. Akarnya pula dapat digunakan buat meredahkan demam.

8. Wortel

Tumbuhan Wortel

Wortel ialah tipe tumbuhan jenis sayuran yang banyak ditanam oleh petani. Wortel dapat berkembang dengan optimal di wilayah dataran besar yang lembab dengan suhu yang dingin. Tumbuhan wortel mengandung vit A . Wortel dapat dimanfaatkan buat menyembuhkan mata minus.

9. Tumbuhan Jintan Hitam

Tumbuhan Jintan Hitam

Jintan Hitam memiliki khasiat sebagai menguatkan sistem imunitas badan, sebagai Vit, mengobati bermacam tipe penyakit, serta susah tidur (Insomnia). Tumbuhan Jintan ini sudah dikenal banyak orang sebagai tumbuhan yang berkhasiat bagi tubuh.

10. Daun Miana

Tumbuhan Daun Miana

Tumbuhan Miana berkembang subur di wilayah dataran besar dengan ketingian dekat 1500m di atas permukaan laut. Tumbuhan Miana ini hidup liar dan banyak ditemukan diseketar sungai, pematang sawah, ladang serta kebun-kebun. Sebagian orang memelihara tumbuhan miana ini untuk dijadikan tumbuhan hias karena corak pada daunnya yang indah.

Daun dari tumbuhan ini berbantuk bulat dengan ujung daun yang runcing serta pangkal daun yang membulat. Permukaan daunnya berambut, dengan warna hijau serta bergerigi. Daun Miana efektif buat menyembuhkan penyakit sembelit. Metode pengolahannya lumayan gampang, siapkan 20 lembar daun miana serta satu ruas kunyit. Bilas keduanya hingga bersih kemudian direbus dengan 5 gelas air. tunggu sampai rebusan air mendidih kemudian dinginkan.

11. Bayam

Tumbuhan Bayam

Bayam ialah tumbuhan herbal yang berasal dari kawasan Amerika tropis. Saat ini ini tumbuhan bayam telah tersebar diseluruh dunia di wilayah tropis serta subtropis. Bayam dapat ditanam pada ketinggian 5-2.000 m di atas permukaan laut,akan tetapi tumbuhan bayam lebih banyak ditemukan dihutan.

Ada 3 tipe bayam yang termasuk ke dalam Amaranthus tricolor, ialah bayam hijau biasa, bayam putih serta bayam merah. Tumbuhan bayam memiliki vit( A, B serta C), zat besi, amarantin, purin, teratur, protein, lemak serta kalium. Bagian dari tanaman bayam yang memiliki khasiat bagi tubuh yaitu daun serta akarnya.

12. Tumbuhan Kumis Kucing

Tumbuhan Kumis Kucing

Tumbuhan kumis kucing dapat berkembang di wilayah dengan ketinggian 500-900 m di atas permukaan laut. Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan ukuran 1-2 m. Batangnya berupa segi 4 agak beralur serta berbulu pendek. Daun dari tumbuhan ini berbentuk lonjong, bergerigi di bagian tepinya serta corak pada permukaan daunnya. Bunganya keluar di ujung cabang daunnya, bercorak ungu pucat ataupun putih. Semua bagian dari tumbuhan kumis kucing dapat dimanfaatkan bagaikan obat. Khasiatnya antara lain sebagai penurun demam serta menghilangkan pegal-pegal di tubuh.

13. Menkudu

Tumbuhan Menkudu

Tumbuhan mengkudu ialah tumbuhan yang berasal dari Indonesia. Mengkudu dapat berkembang di dataran rendah hingga dengan ketinggian 1.500 m di atas permukaan laut. Tumbuhan ini tidak memiliki batang yang besar akan tetapi tingginya dapat menggapai 3-8 m. Daunnya bercorak hijau dengan panjang 20-40 cm serta lebar 7-15 cm.

Buahnya memiliki bantuk yang lonjong dengan warna hijau yang mengkilap. Mengkudu banyak dipelihara di perkebunan serta pekarangan rumah. Mengkudu memiliki manfaat buat menyembuhkan hipertensi, sakit perut, demam, batuk serta influenza.

14. Tumbuhan Petai China

Tumbuhan Petai China

Tumbuhan ini banyak ditanam oleh para petani di pedesaan yang digunakan sebagai penghias pagar. Tumbuhan Petai China ini memiliki Batang yang keras. Buahnya mirip dengan buah petai tetapi berukuran sedikit lebih kecil dan tipis.

15. Semanggi Gunung

Tumbuhan Semanggi Gunung

Semanggi gunung berkembang merayap di tempat yang lembab di tepi jalanan, lapangan rumput ataupun pinggir selokan. Tumbuhan ini memiliki senyawa kimia berbentuk minyak yang menguap, hyperin serta coumarin.

16. Sisik Naga

Tumbuhan Sisik Naga

Sisik naga ialah tanaman epifit, jenis tanaman herbal ini banyak ditemukan di wilayah Asia yang memiliki iklim tropis mulai dari wilayah yang agak lembab hingga dengan ketinggian 1000 m di atas permukaan laut. Daun yang fertil berupa oval memanjang dengan panjang 1-5 cm serta lebar 1-2 cm. Sisik naga dapat berkembang dengan spora serta pembelahan pangkal. Sisik naga memiliki senyawa gula, minyak asiri, tannin, sterol, flavonoid serta fenol. Daun sisik naga berkhasiat untuk mengobati batuk.

17. Tomat

Tumbuhan Tomat

Tumbuhan tomat berasal dari wilayah Amerika yang beriklim tropis, kebanyakan orang menanam tumbuhan ini sebagai tumbuhan buah di perkebunan ataupun pekarangan rumah. Tomat dapat tumbuh di tanah yang gembur, akan tetapi tumbuhan tomat tidak tahan terhadap cahaya matahari terik.

Buah tomat dapat dimakan secara langsung, dapat dibuat saus tomat, serta dibuat jus tomat. Tomat yang masih kecil dapat digunakan sebagai sayur, sedangkan tomat yang berukuran besar dapat digunakan sebagai bahan membuat sambel. Manfaat buat tomat bagi tubuh yaitu, buahnya dapat digunakan untuk mengingkatkan nafsu makan.

18. Tumbuhan Murbei

Tumbuhan Murbei

Tumbuhan ini asalnya dari daratan Cina serta dapat berkembang di dataran dengan ketinggian di atas 100 meter. Kebanyakan Tumbuhan murbei dibudidayakan di wilayah pegunungan, dan banyak pula yang berkembang liar dihutan. Daun, kulit pangkal, buah serta ranting murbei mempunyai banyak manfaat buat kesehatan.

19. Daun Pegagan

Daun Pegagan

Tumbuhan ini lebih diketahui banyak orang dengan nama daun kaki kuda serta Antanan. Tanaman Pegagan berkembang liar di daerah perkebunan, dan pematang sawah. Tanaman Pegagan ini kaya kan zat besi. Khasiat dari daun pegagan dapat kita digunakan sebagai obat kulit, serta memperlancar peredaran darah.

20. Tumbuhan Landep

Tumbuhan Landep

Tumbuhan Landep berasal dari wilayah Asia dengan iklim tropis serta wilayah Afrika Selatan. Landep banyak ditemukan ditempat yang beriklim panas, di Indonesia tumbuhan Landep dapat ditemui di wilayah dengan dataran rendah dengan ketinggian 400m di atas permukaan laut. Tumbuhan Landep termasuk tipe tumbuhan perdu, tingginya dapat menggapai 1,5-2m, tumbuhan ini banyak dimanfaatkan orang sebagai pagar.

Tumbuhan landep memiliki senyawa kimia yaitu flavonoid, saponi, polifenol serta tannin. Bagian dari tumbuhan Landep yang memiliki khasiat yaitu daun dan batannya. Daun tumbuhan Landep berguna buat menyembuhkan sakit perut, demam, sakit pinggang serta Reumatik, sedangkan batang dari tumbuhan ini digunakan sebagai obat cacingan.

21. Daun Dewa

Tumbuhan Daun Dewa

Daun dewa memiliki senyawa saponin, flavonoid serta minyak atsiri. Daun dewa sangat efektif buat menyembuhkan muntah. Daun dewa dapat pula digunakan buat melancarkan peredaran darah, menyembuhkan memar, merendahkan tekanan darah, penurun panas demam, serta obat sebagai pembersih toksin dalam badan.

22. Daun Kelor

Daun Kelor

Daun kelor sangat efektif sebagai penyeimbang nutrisi dalam badan. Daun kelor dapat menanggulangi bermacam-macam keluhan yang mencuat karena kekurangan mineral serta, kekurangan vit C, kekurangan vit B3, kekurangan vit A, kekurangan vit B2, kekurangan vit B1, kekurangan Choline, kekurangan zat besi serta kekurangan kalsium.

23. Kangkung

Tumbuhan Kangkung

Kangkung ialah tumbuhan yang bertipe sayuran yang bisa ditemui dimana- mana. Setiap orang pasti tahu apa itu kangkung. Kangkung sangat mempunyai banyak khasiat serta manfaat buat kesehatan badan kita. Sayuran kangkung memiliki banyak zat yang berkhasiat semacam vit A, vit C, vit B, fosfor serta zat besi.

Kandungan vit C dalam Kangkung dapat menghindari sariawan serta gusi yang berdarah. Jika kalian lagi sakit gigi, cobalah buat mengunyah daun kangkung. Daun kangkung pula memiliki antiseptik natural yang dapat memberantas kuman yang terdapat pada gigi.

24. Kencur

Tumbuhan Kencur

Kencur termasuk dalam spesiel kelompok tumbuhan tipe empon-empon yang berkembang di wilayah dataran rendah. Kencur mempunyai ciri khas dengan buah yang lunak, bercorak putih serta tidak memiliki serat. Kulit luar kencur bercorak coklat. Kencur dapat ditanam di dalam pot ataupun di kebun yang memiliki banyak cahaya matari.

Kandungan mineral yang terdapat pada kencur sebasar (13, 73%), pati (4, 14%) serta minyak atsiri (0, 02%). Kencur sangat efektif buat menyembuhkan radang lambung, melenyapkan letih, radang anak kuping, memperlancar menstruasi, melenyapkan darah kotor, serta masuk angin.

25. Lengkuas

Tumbuhan Lengkuas

Lengkuas dapat ditanam di wilayah dengan ketinggian mencapai 1-1.200 m di atas permukaan laut. Lengkuas memiliki 2 tipe, ialah lengkuas merah serta lengkuas putih. Lengkuas putih yang biasa digunakan banyak orang bagaikan penyedap masakan, lengkuas merah dapat digunakan sebagai obat tradisional. Lengkuas efektif buat menyembuhkan reumatik, dan panu.

26. Pandan Wangi

Tumbuhan Pandan Wangi

Pandan wangi dapat berkembang di wilayah tropis di tempat yang agak lembab dari wilayah tepi laut hingga wilayah dengan ketinggian mencapai 500m di atas permukaan laut. Tingginya dapat menggapai 1-2 m, dengan panjang daunnya 40-80 centimeter serta lebar daun 3-5 centimeter. Pandan wangi mempunyai daun yang harum, dan dapat digunakan bagaikan bahan bumbu, bahan baku pembuatan minyak wangi serta penyedap rasa pada masakan.

Daun pandan wangi memiliki senyawa alkaloida, polifenol, saponin, tannin, flavonoida serta zat corak. Daun pandan efektif buat mengatasi ketombe, rambut rontok, kurang nafsu makan, menghitamkan rambut, reumatik, serta pegal linu.

27. Rumput MutiaraTumbuhan Rumput Mutiara

Rumput mutiara dapat berkembang subur pada tanah yang lembab, ataupun di pinggir jlanan. Batangnya berbentuk persegi dengan daunnya yang berhadapan dari sisi kesisi serta ukuran dari daunnya yang pendek. Tinggi dari tanaman Rumput Mutiara dapat menggapai 15-50 cm, dengan panjang daunnya 2-5 cm serta jumlah bunga pada tanaman ini 2-5. Rumput mutiara memiliki manfaat yang sama semacam Hedyotis diffusa Wild.

28. Tumbuhan Sembung

Tumbuhan Sembung

Tumbuhan ini dapat berkembang di tempat yang terbuka hingga tempat yang agak tertutup pada ketinggian hingga 2.200 di atas permukaan laut. Tumbuhan sembung ini memiliki tinggi yang dapat menggapai 4m. Bentuk daunnya yang bulat dengan panjang 8-40 cm serta lebar dari daunnya yaitu 2-20 cm. Dengan ujung bunga yang bercorak kuning.

Tumbuhan sembung memiliki senyawa kimia borneol, di-methyl ether phloroacetophenone, limonene serta cineole. Daun serta akarnya sangat efektif buat menyembuhkan reumatik, sakit tulang, perih saat mentruasi, diare, perut kembung serta influenza.

29. Nona Makan Sirih

Tumbuhan Nona Makan Sirih

Tanaman sirih asalnya dari wilayah tropis di afrika dan biasanya banyak ditemukan ditanam di pot atau di pekarangan dan berfungsi sebagai tanaman hias.

30. Tumbuhan Tanduk Rusa

Tumbuhan Tanduk Rusa

Tanduk rusa tercantum dalam jenis tanaman herbal dengan tipe tumbuhan paku-pakuan serta banyak ditemui melekat  batang pepohonan. Tanduk rusa melekat pada inangnya dengan penumpu berbentuk pangkal, helaian pada daunnya bercorak hijau. Tanduk rusa lebih banyak berkembang di tempat yang tidak terkena oleh cahaya matahari langsung. Tanduk rusa tumbuh biak dengan spora ataupun dengan memindahkan pangkal rimpang nya. Daun tanduk rusa berguna buat menyembuhkan abses serta menyembuhkan demam.

31. Tumbuhan Tembelekan

Tumbuhan Tembelekan

Tembelekan ialah jenis tanaman herbal yang merambat dan dapat berkembang hingga dengan ketinggian 1.700 m di atas permukaan laut. Tumbuhan ini banyak digunakan oleh orang sebagai tanaman pagar sebab tumbuhan ini dapat tumbuh setinggi 2m. Daun, bunga, serta pangkal dari tembelekan dapat dijadikan obat. Akarnya efektif buat mengobati influenza.

32. Bunga Teraitai

Tumbuhan Bunga Teraitai

Teratai ialah tanaman air dari wilayah Asia, dan banyak dikembangan di perairan, teratai juga banyak ditemukan tumbuh secara liar di rawa, daun teratai terlihat mengapung dipermukaan air, ukuran dari daunnya yaitu 30 – 50cm serta bunganya yang memiliki ukuran 15-25cm, dengan panjang tangkai nya dapat tumbuh hinggah 75 – 200cm. Daun Teratai memili khasiat yang dapat mengobari diare, insomnia, serta dapat mengobati sakit kepala.

Nah, sekian penjelasan dari beberapa jenis tanaman herbal serta manfaaatnya, tumbuhan tersebut dapat mudah ditemukan di Indonesia karena pembudidayaan nya yang banyak.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close